Bugatti Bolide Dinobatkan sebagai Hypercar Paling Indah di Dunia


MELKI BLOG Jakarta - Bugatti Bolide dinobatkan sebagai hypercar paling indah di dunia dalam Festival Automobile International ke-36 di Paris, Perancis. Kendaraan yang diperkenalkan tahun lalu sebagai model konsep ini meraih gelar mobil terindah dalam kategori Hypercars.



Baca Juga:

Tak Perlu Laser jika Mata Mulai Kabur! Ternyata Cukup Lakukan Ini

PR

Kepala desain Bugatti dari proyek-proyek khusus, Nils Sajonz mengatakan kreasi Bolide ini terinspirasi dari filosofi weight-to-power dari Ettore Bugatti, sang pendiri perusahaan.


"Bolide adalah puncak akhir dari filosofi itu, murni dalam desain dan tujuannya," katanya, dikutip dari Hindustan Times hari ini, Kamis, 7 Oktober 2021.


Insinyur dan desainer Bugatti merancang hypercar Bolide ini untuk menjadi kendaraan paling ringan dan berfokus pada trek. Dapur pacunya menggunakan mesin quad-turbocharged W16 8.0L, yang mampu menyemburkan tenaga hingga 1.824 HP dan torsi 1.850 Nm. Ini memperjelas bahwa mobil tersebut berorientasi pada kinerja.



Bugatti dikabarkan hanya melakukan perubahan kecil, secara teknis atau visual, pada produksi model Bolide. Direktur Desain Bugatti Achim Anscheidt mengatakan dalam membuat Bolide ini, tim desain Bugatti selalu mengutamakan fungsi dari hypercar.


"Bolide adalah tantangan yang sama sekali berbeda untuk tim desain kami, dan semacam eksperimen mental, di mana kami melucuti mobil kembali ke jantung quad-turbocharged W16 dan membangunnya kembali dengan minimum untuk menciptakan Bugatti yang paling ekstrem," kata Anscheidt.


Bugatti sendiri hanya memproduksi hypercar Bolide sebanyak 40 unit di seluruh dunia untuk tiga tahun ke depan. Pengiriman pertama mobil ini dijadwalkan pada 2024 dengan harga sebesar 4 juta euro atau sekitar Rp65,777 miliar.