Coldplay Gunakan Daur Ulang Baterai BMW i3 EV Dalam Konser Tur Dunia


 MELKI BLOG Jakarta - Grup band asal Inggris, Coldplay akan menggelar konser tur dunia untuk mempromosikan album terbarunya, Music of the Spheres. Menariknya, konser ini akan ditenagai listrik dari bahan daur ulang baterai mobil listrik BMW i3.



Melansir laman Hindustan Times hari ini, Kamis, 21 Oktober 2021, daur ulang baterai BMW i3 ini akan menggantikan generator diesel dan gas di konser tersebut. Langkah ini dilakukan untuk membuat rangkai pertunjukan yang lebih ramah lingkungan.


Vokalis Coldplay, Chris Martin mengaku sangat gembira dengan langkah berkelanjutan yang diterapkan pada konser musiknya. Coldplay akan menjalin kerja sama dengan BMW untuk menciptakan pertunjukan musik pertama dengan tenaga baterai yang dapat diisi ulang.


"Ini menjadi yang pertama di dunia. Konser kami hampir seluruhnya akan ditenagai baterai dari energi bersih dan terbarukan," kata Chris Martin.



Pertunjukan musik Coldplay ini akan didukung 40 baterai mobil listrik BMW i3 yang didaur ulang. Menurut BMW, inisiatif ini merupakan titik puncak dari langkah demonstratif pertama yang memberi kehidupan kedua dari baterai mobil.


"Kesadaran umum akan keberlanjutan telah menyebabkan selama beberapa tahun terakhir ke proses co-creation yang intensif dan kreatif antara BMW dan Coldplay," kata Senior Vice President Customer and Brand BMW, Jens Thiemer.


Baterai ini akan diisi ulang dengan menerapkan beberapa metode seperti panel surya dan generator yang menggunakan minyak nabati hidrotreasi. Selain itu, lantai stadion kinetik dan sepeda listrik juga akan membantu pengisian ulang baterai agar bisa menghidupkan konser musik tersebut.


Baca: Mobil Listrik BMW i3 di Amerika Serikat Disuntik Mati Mulai Juli 2021