Hari Ini, Jokowi Akan Lantik Megawati Jadi Ketua Dewan Pengarah BRIN


 MELKI BLOG Jakarta - Presiden Joko Widodo akan melantik Megawati Soekarnoputri sebagai Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) pada hari ini, Rabu, 13 Oktober 2021. Pelantikan rencananya akan dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta Pusat.



Baca Juga:

Tak Perlu Laser jika Mata Mulai Kabur! Ternyata Cukup Lakukan Ini

PR

Hal ini dikonfirmasi oleh Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono. "(Betul pelantikan) Dewan BRIN dan anggota," kata Budi dalam keterangan tertulis.


Meski begitu, Budi belum dapat memastikan siapa saja yang anggota BRIN lain yang hadir selain Megawati.


Ketetapan Megawati sebagai Dewan Pengarah BRIN tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 33 Tahun 2021 tentang Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Peraturan tersebut diteken pada 28 April 2021 dan diundangkan di hari yang sama.



Pasal 5 mengatur bahwa susunan organisasi BRIN terdiri dari Dewan Pengarah dan Pelaksana. Selanjutnya diatur, Ketua Dewan Pengarah BRIN akan dijabat oleh unsur dari Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP).


Adapun Ketua Dewan Pengarah BPIP saat ini adalah Megawati Soekarnoputri. Kepala BRIN Laksana Tri Handoko sebelumnya sudah mengatakan bahwa Megawati akan menjadi Ketua Dewan Pengarah di lembaganya. Handoko mengatakan fungsi Ketua Dewan Pengarah BRIN nantinya menjadi pagar aktivitas keilmuan agar tetap berlandaskan ideologi Pancasila.