Penyebab Munculnya Garis Hitam Vertikal di Kuku


MELKI BLOG Jakarta - Pernahkah Anda melepas cat kuku, hanya untuk melihat garis-garis hitam vertikal mengalir di sepanjang kuku Anda? Ini mungkin terlihat seperti memar atau pewarnaan internal - tidak seperti Anda secara tidak sengaja menciptakan tren seni kuku. Karena kuku Anda adalah cerminan dari kesehatan Anda secara keseluruhan, penting untuk memeriksakan apa pun yang tidak biasa ke profesional medis terlebih dahulu.



"Garis hitam sempit di bawah kuku Anda bisa menjadi pendarahan serpihan," kata ahli manikus selebriti Hannah Lee kepada POPSUGAR. Menurut Healthline, pendarahan serpihan adalah garis hitam sempit yang terbentuk secara vertikal di bawah kuku Anda. Ini bisa terlihat berwarna hitam atau cokelat kemerahan, tidak berubah saat Anda memberi tekanan pada kuku, dan muncul di satu atau lebih tempat di bawah kuku Anda. Catatan: garis tebal yang membuat garis horizontal pada kuku disebut garis Beau, yang seringkali merupakan gejala dari kondisi yang lebih serius.


Ada beberapa hal berbeda yang dapat menyebabkan pendarahan serpihan terbentuk di bawah kuku. "Ini [biasanya] disebabkan oleh kerusakan pembuluh darah di bawah kuku Anda," kata Lee. "Garis hitam dapat disebabkan oleh berbagai kondisi kesehatan, tetapi alasan umum adalah karena trauma. Alasan umum lainnya yang mungkin muncul adalah karena nutrisi yang buruk atau infeksi jamur."


Kondisi serius yang dapat menyebabkan perdarahan splinter antara lain endokarditis bakterial, vaskulitis, penyakit sistemik, diabetes, penyakit Raynaud, dan kolesterol. Lee menekankan pentingnya menemui ahli jika menurut Anda ini mungkin penyebab yang mendasarinya. "Selalu disarankan untuk mengunjungi dokter Anda untuk memastikan mengapa garis-garis ini muncul. Dari sana, yang terbaik adalah mendiskusikan rencana tentang apa yang mungkin Anda alami. kurang atau perlu dilakukan untuk merawat garis dengan benar dengan bimbingan seorang profesional medis," ujarnya. 



Tidak ada pengobatan nyata untuk perdarahan sempalan, selain waktu. "Biasanya Anda hanya menunggu garis hitam itu tumbuh asalkan tidak disebabkan oleh sesuatu yang lebih serius, seperti melanoma," kata Lee. 


Jika garis hitam membuat mata sakit dan Anda tidak ingin melihatnya setiap hari, mengecat kuku dapat membantu menutupinya sampai hilang. Menurut Nails Magazine, sebuah majalah perdagangan terkemuka di industri kuku, teknisi kuku disarankan untuk menggunakan gel atau akrilik yang tidak berwarna pada kuku dengan pendarahan serpihan untuk memastikan pendarahan bergerak ke arah tepi bebas. Boleh juga menggunakan cat kuku berwarna, yang dapat dengan mudah dihilangkan dari rumah jika Anda perlu memeriksa kesehatan kuku Anda.


"Tidak apa-apa untuk mengecatnya jika itu hanya disebabkan oleh sesuatu seperti trauma," kata Lee. "Jika ternyata seperti infeksi jamur atau melanoma, sebaiknya segera diobati sebelum mengoleskan cat lagi."


Seringkali, garis hitam tipis vertikal di bawah kuku Anda tidak perlu dikhawatirkan. Tetapi jika Anda sudah memilikinya untuk sementara waktu atau Anda hanya ingin memastikan itu bukan pertanda sesuatu yang lebih serius, memeriksakan diri ke profesional medis adalah pilihan terbaik Anda.