Uzbekistan dan Kazakhstan Latihan Militer Bersama


MELKI BLOG  , Jakarta - Uzbekistan dan Kazakhstan menggelar latihan militer bersama di dekat wilayah bekas perbatasan dengan Afghanistan. Kementerian Pertahanan Uzbekistan pada Rabu, 24 November 2021 mengatakan latihan itu untuk berlatih merespon serangan.



Negara-negara di Asia tengah yang punya perbatasan dengan Afghanistan, termasuk Rusia, telah menggelar serangkaian latihan militer. Hal ini dilakukan sejak kelompok radikal Taliban mengambil alih Ibu Kota Kabul.


Warga mengangkat senjata di Kabul, Afganistan, 23 Juni 2021. Mereka mengangkat senjata untuk memberi dukungan kepada militer Afganistan untuk memerangi Taliban. REUTERS/Stringer


Ada sejumlah negara yang sudah mengambil langkah untuk membangun hubungan dengan pemerintahan Afghanistan yang baru di bawah kekuasaan Taliban.



Pada pekan ini, latihan militer yang dilakukan dekat Kota Tarmez, Uzbekistan, melibatkan sekitar 300 personil dan 50 kendaraan militer. Kementerian Pertahanan Uzbekistan mengatakan dalam latihan militer tersebut juga digunakan artileri, sejumlah jet tempur, helikopter dan drone (pesawat tanpa awak).


Uzbekistan dan Kazakhstan adalah dua negara terbesar pecahan Uni Soviet, yang punya hubungan dekat dengan Cina dan Rusia. Kedua negara itu tidak berbagi perbatasan dengan Afghanistan.