BMKG Deteksi Gempa Lemah di Bekasi Tengah Malam


MELKI BLOG Jakarta - Jika ada warga Bekasi yang merasakan gempa lemah pada Jumat tengah malam, getaran itu bukan berasal dari gempa susulan dari laut di Sumur, Banten. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG mencatat adanya gempa lemah yang berpusat di darat di Bekasi.



Gempa yang dimaksud berkekuatan Magnitudo 2,3, terjadi pada Jumat 14 Januari 2022, pukul 23.33 WIB. Pusat gempa itu disebutkan berada di darat dengan kedalaman 8 kilometer.



"Dirasakan di wilayah Cikarang dan Bekasi dengan Skala Intensitas II MMI atau benda-benda yang digantung bergoyang dan dirasakan beberapa orang saja," kata Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, lewat akun media sosial Twitter.


Berselang 10 menit kemudian, BMKG juga mendeteksi getaran gempa dari laut, 53 kilometer barat laut Bima, Nusa Tenggara Barat. Berkekuatan M5,0, gempa dari kedalaman 33 kilometer itu terasa mengguncang lemah dalam skala III MMI di Bima, Dompu, Sumbawa dan Sumbawa Barat.




Adapun susulan gempa M6,6 dari laut, arah barat daya Sumur, Banten, hingga Sabtu pagi, 15 Januari 2022, ini sudah tercatat sebanyak 29 kali. Gempa pertama, yang terkuat, terjadi pada Jumat pukul 16.05 WIB. Dua dari antara rangkaian gempa susulannya yang bisa dirasakan terjadi pada pukul 16.49 dan Sabtu pagi ini pukul 03.34 WIB.


Peta lokasi gempa Bekasi, Jumat tengah malam, 14 Januari 2022. Foto/Twitter/DaryonoBMKG


Gempa susulan yang pertama berkekuatan M5,7 sedang yang kedua M4,7. Guncangannya pun dirasa semakin lemah di antaranya diukur BMKG hanya pada skala II MMI di Pandeglang.