Soal UID Bali Campus dan MIT, Begini Kata Dirjen Dikti


MELKI BLOG Jakarta - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi merespons kabar yang menyebut rencana pembangunan kampus bersama Upaya Indonesia Damai (UID) Bali Campus dengan Massachusetts Institute of Technology (MIT) dan Universitas Tsinghua.



Pelaksana tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan Nizam mengatakan UID Bali Campus memang menjalin kerja sama dengan MIT dan Universitas Tsinghua. Namun, kerja sama itu, menurut Nizam, adalah dalam bentuk memberikan berbagai pelatihan.


“Yang saya tahu UID selama ini sudah menggandeng Universitas Tsinghua dan MIT untuk memberikan training dan pengembangan sumber daya manusia,” ujar Nizam kepada Tempo, Jumat, 21 Januari 2022.


Nizam mengatakan hanya mengetahui kolaborasi antar perguruan tinggi itu yang diimplementasikan lewat sejumlah training. Menurut dia, tak hanya dari MIT dan Universitas Tsinghua saja, sejumlah dosen dari perguruan tinggi asing lainnya juga dilibatkan dalam training tersebut.



Sebelumnya, Mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak kecewa karena  MIT dan Universitas Tsinghua memilih Indonesia, bukan Malaysia untuk mendirikan kampus universitas bersama.


“Saya cukup kecewa dengan pengumuman bahwa Massachusetts Institute of Technology (peringkat pertama di dunia) dari Amerika Serikat dan Universitas Tsinghua (peringkat ke-17) telah memilih Indonesia dan bukan Malaysia untuk mendirikan kampus universitas bersama,” ujarnya di Facebook seperti dikutip Free Malaysia Today, 19 Januari 2022.


Dikutip dari Malaysia Now, berita yang dibagikan oleh Najib Razak itu adalah tidak benar. Kedua universitas tersebut menyangkal akan membuka kampus di Indonesia. MIT mengatakan tidak pernah menandatangani kemitraan dengan Universitas Tsinghua untuk membangun kampus di Bali.


Sementara itu, Upaya Indonesia Damai (UID) Bali Campus mengatakan tidak ada kampus MIT di Bali. UID mengatakan MIT hanya memiliki satu kampus fisik di Cambridge Massachusetts.


"Kami memiliki kerja sama jangka panjang dengan MIT sejak pendirian bersama UID, dan kami berkolaborasi dengan Program Global Manajemen Sekolah Sloan MIT  dan program sertifikat dengan MIT IDEAS Asia Pasifik," demikian siaran pers UID pada Kamis, 20 Januari 2022.